Masih Pentingkah OSPEK?

Awal memasuki dunia kampus bagi para mahasiswa baru adalah masa-masa mendebarkan untuk dihadapi, namun banyak mahasiswa baru yang sudah mantap untuk menghadapi perubahan ini.Setelah memasuki dunia kampus berarti kesempatan untuk menemukan teman baru, tempat baru dan pengalaman baru menjadi lebih luas dibandingkan dengan saat masih di bangku SMA.






Mahasiswa baru adalah individu yang sedang berproses menuju kematangan pribadi dan pencarian jati diri. Mereka, pada umumnya saat memasuki dunia kampus, belum mengenal proses belajar-mengajar yang baru, juga belum mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar di kampus. Selain itu mahasiswa baru juga belum mengenal civitasak ademika yang akan berinteraksi dengan mereka selama menempuh pendidikan. Untuk itu perlu adanya kesiapan psikologis maupun sosial agar dapat beradaptasi secara cepat dengan proses belajar-mengajar di dalam kampus.

Sebelum benar-benar memasuki dunia kampus,mahasiswa perlu dibekali dengan persiapan mental dan fisik sematang mungkin. Fakta menunjukkan bahwa proses pembimbingan terhadap mahasiswa baru untuk melangkah kelingkungan kampus sangat bervariasi. Setiap kampus menerapkan model pengenalan kampus sesuai dengan tradisi lingkungan kampusnya.

OSPEK (OrientasiStudidanPengenalanKampus) adalah salah satu cara bagi sebuah kampus dalam mengenalkan berbagai kualitas dan civitas akademika yang dimiliki oleh kampus tersebut kepada mahasiswa baru. OSPEK juga dapat membentuk karakter mahasiswa baru untuk kedepannya. Baik buruk karakter mahasiswa terkait dengan pelaksanaan OSPEKtersebut.

Tujuan dari OSPEK adalah memperkenalkan mahasiswa baru pada lingkungan kampus dan membantu agar cepat beradaptasi. Lingkungan kampus, civitas akademika, fasilitas, tata tertib dan segala hal yang berkaitan dengan kampus akan dikenalkan kepada mahasiswa baru melalui OSPEK tersebut. Di dalam OSPEK sendiri banyak manfaat yang akan kita dapatkan seperti menemukan kehidupan yang baru, mengerti akan hangatnya kebersamaan serta serunya memiliki banyak teman yang sama-sama berjuang dan saling melengkapi satu sama lain.

Sayangnya, karena tindakan dari oknum- oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab, OSPEK menjadi terlihat menakutkan dan merupakan momok bagi para mahasiswa baru yang akan memasuki dunia kampus. Sehingga banyak mahasiswa baru yang menganggap OSPEK itu tidak penting untuk diikuti karena mereka berpikir bahwa ospek hanyalah ajang balas dendam bagi senior terhadap juniornya.

Namun tidak semua pelaksanaan OSPEK seperti itu. Pelaksanaan OSPEK yang positif adalah kegiatan yang murni dilaksanakan untuk menunjang kegiatan kampus demi kepentingan mahasiswa baru.Sudah bukan jamannya lagi pelaksanaan OSPEK dengan tindakan kekerasan dan perpeloncoan. OSPEK yang baik adalah ospek yang berjalan dengan lancar, nyaman, dan penuh kegembiraan.Oleh sebab itu, perasaan yang muncul saat OSPEK haruslah perasaan senang dan bangga dalam menjalaninya, bukan perasaan terpaksa dan tertekan.


by. KEMENDAGRI BEM ITY

Komentar

Postingan Populer