AKSI PELAJAR YOGYAKARTA UNTUK PEDULI LINGKUNGAN MAKIN TREN


AKSI PELAJAR YOGYAKARTA UNTUK PEDULI LINGKUNGAN MAKIN TREN



YOGYAKARTA, Aksi pelajar Yogyakarta untuk peduli lingkungan makin tren. Terkait aksi tersebut, pertengahan pekan lalu, Alumni Taruna Melati 2 Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Yogyakarta menggagas gerakan Pelajar Jogja Mulung Yuk.
Gerakan ini sebagai tindak lanjut dari proses perkaderan yang telah dijalani. Bertempat di area 0 kilometer Kota Yogyakarta, dengan melibatkan 150 pelajar sekolah menengah negeri maupun swasta yang berasal dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, gerakan itu dimulai. Pelajar  tersebut melancarkan aksi bersih-bersih sampah yang berserak di area 0 kilometer, sekaligus membacakan orasi dan deklarasi, serta menyanyikan yel-yel tentang kebersihan lingkungan.
Sedikitnya, 20 kantong sampah dikumpulkan hanya dari membersihkan area 0 kilometer. Selain itu, lebih dari 150 pelajar dan masyarakat ikut menandatangani deklarasi untuk mendukung konservasi lingkungan dan kepedulian terhadap kebersihan di Indonesia. Dalam aksi yang berada di pusat Kota Yogyakarta ini, pelajar penggerak aksi telah membersihkan area 0 kilometer sekaligus belajar menginspirasi masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan.
Meskipun diinisiasi dan digerakkan oleh kader-kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah, namun pelajar non-Muhammadiyah juga sangat antusias dan menyambut baik agenda ini. Karena selain peduli terhadap lingkungan, mereka juga  berhasil menjalin silaturahmi antar pelajar.
Semangat cinta lingkungan yang didengungkan oleh segenap pelajar pada aksi ini diharapkan mampu menjadi langkah kecil yang diikuti oleh masyarakat, terutama masyarakat yang berlalu-lalang di sekitar area 0 kilometer Kota Yogyakarta.

Ketua Penggerak Aksi, Farros Ainulhaq menyatakan, mewakili peserta aksi mengajak masyarakat untuk ikut andil dan bertanggung-jawab akan keadaan lingkungan. Dimulai dari aksi sederhana dari pelajar untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan di Kota Yogyakarta, bahkan Indonesia.
Yuk mulai sekarang khususnya untuk masyarakat, pelajar, maupun mahasiswa untuk selalu tetap peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Komentar

  1. ini bru anak jaman now peduli terhadap lingkungan dan dapat mengurangi sampah yg ada

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer