SPPAM ITY


SPPAM ITY

Sistem Penilaian Partisipasi Aktif  Mahasiswa Institut Teknologi Yogyakarta (SPPAM ITY) adalah sistem yang dibuat untuk mendukung, mengakui dan memberi nilai pada setiap aktifitas atau kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan diri agar memiliki karakter yang tangguh, aktif, kreatifr, mandiri dan berdedikasi tinggi sehingga menjadi manusia yang utuh dan berkualitas. Landasan Idiil dari dibuatnya SPPAM ITY meliputi UU RI Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem pendidikan Nasional, UU RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahung 2014 tentang Pengelolaan Pendidikan Tinggi dan Penyelenggaraan Pendidikan Perguruan Tinggi serta peraturan lainnya termasuk didalamnya menindaklanjuti Rekomendasi Kongres Mahasiswa V ITY tahun 2019 oleh Representatif KM ITY.
Dari hasil wawancara dengan Presiden Mahasiswa ITY periode 2019-2020 (sdri. Maria Modesthy Tefa) setelah acara Sosialisasi SPPAM ITY kepada Mahasiswa baru ITY angkatan 2019, beliau menyampaikan bahwa sesungguhnya SPPAM ITY ini dibuat atas dasar aspirasi mahasiswa ITY yang dituangkan dalam Kongres Mahasiswa V ITY dengan landasan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa ITY dalam mengikuti berbagai macam kegiatan baik dibidang pengembangan soft skill maupun hard skill terlebih dalam pengembangan di bidang Organisasi. SPPAM ITY juga dirancang oleh BEM KM ITY bersama pihak perguruan (Wakil Rektor I ITY Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) agar sistem ini dituangkan dalam kebijakan baru pihak perguruan. Outputnya, SPPAM ITY menjadi salah satu syarat wajib Yudisium di ITY.   
SPPAM ITY ditentukan berdasarkan 4 aspek penilaian dengan penjabaran bobot nilai minimum yaitu :
1.      Bidang Ilmiah/ Penalaran (20 Poin)
2.      Bidang Minat Bakat (15 Poin)
3.      Bidang Pengabdian Pada Masyarakat (10 Poin)
4.      Bidang Organisasi (35 Poin)
Keempat aspek ini dijabarkan dalam beberapa bidang dengan rincian poin penilaiannya juga yang telah dituangkan dalam Buku panduan SPPAM ITY termasuk didalamnya mengatur syarat-ketentuan serta alur teknis pelaksanaan SPAAM ITY.
Dengan dicetuskannya kebijakan baru ini, diharapkan memberi manfaat diantaranya dalam rangka meningkatkan dukungan mahasiswa dalam pelaksanaan kebijakan kemahasiswaan oleh pihak perguruan serta memberi nilai tambah bagi mahasiswa yang berkomitman dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni serta organisasi. “besar harapan kami agar dengan diberlakukannya SPPAM ITY pada mahasiswa angkatan 2019 dan seterusnya dapat membawa warna baru dalam pengembangan kemahasiswaan ITY” kata Presma ITY. Selain itu, Wakil Rektor I ITY saat dijumpai juga menyampaikan bahwa beliau menyambut baik aspirasi mahasiswa tersebut untuk dapat direalisasikan. Tak terkecuali juga Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITY yang mendukung penuh penyelenggaraan SPPAM ITY.

Komentar

Postingan Populer